Home / seo / Panduan Terlengkap Mencari Domain Expired Yang Berkualitas

Panduan Terlengkap Mencari Domain Expired Yang Berkualitas

Apakah anda tahu expired domain ?

pelatihan seo medanDomain expired merupakan domain yang dapat di registrasi ulang karena masa aktifnya tidak diperpanjang lagi oleh pemilik sebelumnya pada waktu tertentu.

Lalu, mengapa anda perlu cari expired domain?

Mungkin terlintas pertanyaan bukankah domain baru lebih baik daripada expired domain karena anda dapat pilih nama domain yang sesuai dengan keinginan anda?

Okeh saya akan ulas dengan detail, so baca terus ya…sobat agar mudah dipahami. Membeli domain baru baik untuk moneysite (web utama agar dapatkan earning), perusahaan ataupun web pribadi merupakan sesuatu yang umum dan sering dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi dalam kasus-kasus tertentu terutama internet marketer yang terjun bebas dalam SEO, membeli expired domain memiliki pilihan yang khusus daripada membeli domain baru. Kenapa..?? yuks lanjut bacanya…

Apa saja keuntungan membeli expired domain? Yang paling utama dalam memiliki expired domain adalah domain tersebut sudah ber-authority tinggi daripada domain baru sehingga expired domain akan mempunyai posisi lebih baik dalam meranking di search engine dengan cepat.

Tiga Fungsi Utama Expired Domain:

– Sebagai 301 Redirects
domain expired dapat dipakai untuk mem-bypass linkjuice ke dalam domain baru dengan teknik tertentu yaitu 301 redirect (sangat tidak direkomendasikan untuk newbie, use at your own risk).

– Sebagai PBN
Fungsi ke-2 dari expired Domain juga dapat dijadikan PBN (Private Blog Network) untuk mendongkrak ranking/serp web moneysite di search engine dengan kuat.

– Sebagai Moneysite
Fungsi ini bisa menjadi alasan paling utama dalam memilih expired domain untuk money site yang potensial karena sifat authority yang dimiliki oleh domain tersebut.

Tahap-Tahap Domain Setelah Expired yang Perlu anda ketahui

Sebelum membahas materi lebih dalam, ada materi dasar yang perlu anda ketahui tentang expired domain ini.

Setelah domain expired, ada beberapa tahap yang perlu dilalui. Untuk setiap registrar (Namecheap, Dynadot, Godaddy dan lainnya) tahap ini dapat berbeda berdasarkan waktunya.

Berikut ini tahapan domain ketika pertama kali expired sampai dengan domain deleted atau dilelang dari registrar. Pada tahapan ini saya memakai Godaddy sebagai acuan awal, untuk registrar lain bisa saja berbeda.

Hari setelah domain expired, berikut keterangannya:

1. Hari ke-1
Domain masih di dalam status Grace Period dimana Godaddy akan mencoba renew otomatis atau melakukan tagihan (ketika pemilik domain melakukan setting auto-renew) untuk perpanjang masa aktif domain.

2. Hari ke-5
Godaddy mencoba lagi melakukan renew otomatis atau tagihan untuk ke-2 kalinya jika renew otomatis pertama tidak berhasil. kalau masih tetap gagal, domain tersebut akan dimasukkan ke dalam domain parking.

3. Hari ke-12
Godaddy akan mencoba melakukan renew otomatis lagi untuk yang terakhir atau ketiga kalinya. Pada tahapan ini, pemilik domain masih dapat perpanjang domain tanpa biaya tambahan atau denda.

4. Hari ke-19
Pemilik domain dapat memperpanjang domain tersebut dengan denda sebesar $80.

5. Hari ke-26
Jika point ke-4 diabaikan oleh pemilik, sistem BID akan memasukkan domain tersebut ke dalam lelang Godaddy https://auctions.godaddy.com

6. Hari ke-36
Jika domain masih belum laku, lelang domain akan berakhir dan akan berlanjut ke tahap berikutnya lelang closeout atau closeout auction. Di dalam closeout auction berlaku Buy it Now atau BIN.

7. Hari ke-41
Kemudian Closeout auction berakhir. Saat pemilik lama me-renew domain pada tahap ini.

8. Hari ke-42
Pemilik lama me-renew domain dan ini adalah kesempatan terakhir, maka biaya yang akan dikeluarkan pemenang closeout atau lelang di refund.

9. Hari ke-43
Domain akan dikembalikan ke pemenang closeout atau lelang. Ketika sampai tahap ini domain tidak laku juga, tidak ada yang melakukan BIN atau BID, maka domain tersebut akan diserahkan ke pihak registry.

10. Hari ke-44
Pada hari ke-44, domain berstatus Redemption Period selama 30 hari dan domain kembali ke pihak registry. Pada tahapan ini domain hanya dapat diperpanjang oleh pemilik awal/pemilik lama, dengan biaya denda tertentu.

11. Hari ke-74
Pada tahap ini Pending Delete selama 5 hari, dimana domain tersebut tidak dapat diperpanjang lagi oleh pemilik lama.

12. Hari ke-79
Domain dirilis ulang ke publik dengan status deleted dan dapat dibeli seperti layaknya domain baru. Umur domain akan di setting kembali ke 0.

Dropped Domain vs Aged Domain

Istilah dropped domain dan aged domain mungkin saja sering anda dengar, terutama saat anda bermain seo dengan link building / backlink via PBN.

Lalu apa sich perbedaan dropped domain dengan aged domain? Lalu mana yang paling bagus di antara keduanya?

Dropped domain dan Aged domain mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi agar dapat bantu anda dalam membedakannya serta memilih mana yang paling baik untuk bisnis anda, saya dengan senang hati akan memberikan penjelasan tentang perbedaan keduanya.

Bedasarkan penjelasan point ke-1 sampai dengan ke-12 di atas membeli expired domain sebagai aged domain masih bisa dilakukan dengan sistem lelang pada hari ke-26 s/d hari ke-41. Mengapa demikian? karena anda dapat memperpanjang masa aktif atau me-renew domain sebelum penyedia domain mengembalikan ke pihak registry.

Sedangkan expired domain dikatakan sebagai dropped domain ketika anda membeli atau renew di hari ke-79. Mengapa? Karena pada hari tersebut umur domain di setting kembali ke 0 dan status domain telah di kembalikan ke registry.

Kelebihan dari dropped domain:

– Harga tentunya lebih murah karena layaknya membeli domain baru.
– Stok domain melimpah dan Lebih fleksibel dalam memilih domain.

Kekurangan pada dropped domain:

– Umur domain direset/disetting kembali menjadi 0
– Sulit dibedakan antara telah deindex atau tidak, dikarenakan hampir semua dropped domain yang tersedia indexnya kembali jadi 0.

Kelebihan dari aged domain:

– Umur domain tidak disetting/direset menjadi 0.
– Sangat mudah membedakan antara domain deindex dengan yang masih terindex/bagus.

Kekurangan pada aged domain:

– Karena harus menyesuaikan dengan stok yang ada di auction/lelang sehingga pemilihan nama domain menjadi kurang fleksibel.
– Harga menjadi lebih tinggi karena harus membayar biaya domain dan renew.

Dari penjelasan di atas bahwa dropped domain dan Aged domain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ketika anda mau mencari expired domain baik untuk PBN maupun Moneysite sebaiknya disesuaikan dengan anggaran serta kebutuhan anda.

Website penyedia list expired domain

Setelah mengetahui perbedaan serta fungsi expired domain, anda tentunya mau tahu di mana sich tempat untuk berburu expired domain yang bagus. Berikut ini list penyedia expired domain:

ExpiredDomains.net

Situs ini merupakan penyedia daftar expired domain secara gratis dan menjadi situs yang paling populer serta banyak digunakan oleh internet markater di dunia.

Domcop.com

Untuk situs berbayar, anda bia gunakan Domcop.com karena mereka menyajikan list database expired domain yang paling lengkap datanya.

Ke-2 servide di atas merupakan situs yang sering dipakai untuk mencari expired domain. Silahkan gunakan expireddomains.net saja yang gratisan ketika anda masih dalam tahap coba-coba. Sebaliknya Anda dapat subscribe di Domcop.com ketika Anda telah serius dalam membangun PBN.

Selain ke-2 service diatas, masih ada banyak lagi beberapa situs yang memberikan layanan untuk berburu expired domain dari berbagai registrar. Website tersebut diantara :

1. RegisterCompass.com
2. HammerheadDomains.com
3. Moonsy.com
4. FreshDrop.com

Selain situs, ternyata ada software yang dapat digunakan untuk mencari expired domain :

Scrapebox
Domain Hunter Gatherer dan sebagainya

Kriteria dalam memilih expired domain yang bagus
Alangkah baiknya anda mengetahui matrix apa saja yang bisa digunakan sehingga Moneysite/PBN layak untuk dipakai atau tidak. Dengan demikian akan dapat menghemat waktu serta uang anda.

Perlu diketahui, metrix yang dipakai berikut ini sebagai panduan agar tidak salah memilih expired domain, sifatnya tidak mutlak dan bukan acuan yang harus diterima 100% matrix harus sempurna. Bahkan bisa saja setiap praktisi SEO berbeda-beda dalam menentukan nilai expired domain. Apalagi metrik ini bukanlah resmi buatan search engine seperti Google ataupun yang lainnya, so ngga akan dapat 100% metrix baik semua, mendekati dengan algoritma yang ada. Nobody perfect!.

Matrix dari MOZ berupa DA dan PA

Domain Authority (DA) dan juga Page Authority (PA) merupakan metrik yang turut dikembangkan oleh Moz.

Nilai DA/PA ini sangat begitu dipengaruhi oleh link yang masuk ke sebuah domain, entah dari kualitas link baik atau buruk. Karena sifat matrix ini, akan membuat expired domain sangat mudah untuk dimanipulasi nilainya.

contoh Domain detik.com

kursus seo murah

 

Setiap praktisi di dalam SEO bisa saja berbeda dalam menentukan DA/PA minimal dari expired domain yang layak untuk diburu atau di beli. Ada yang minimal di atas 30, bahkan ada juga memakai minimal 20, 15 atau 10 bisa juga dipakai.

Tools untuk cek nilai DA/PA :

– http://www.seoreviewtools.com/bulk-seomoz-authority-checker/
– http://www.seoweather.com/bulk-metrics-checker/
– Moz Open Site Explorer dan sebagainya

TF/CF dari Majestic

Trust flow (TF) serta Citation Flow (CF) merupakan metriks yang dikembangkan oleh Majestic setelah MOZ.

Berbeda sekali dengan nilai DA/PA, TF/CF ngga hanya fokus pada backlink saja yang masuk pada domain, akan tetapi juga berapa besar kualitas dari backlink tersebut.

Authority dari website-website yang memberikan backlink akan mempengaruhi Nilai TF (Trust flow) pada domain, sedangkan jika banyaknya backlink yang diterima pada domain akan mempengaruhi nilai CF (Citation Flow).

Nilai TF/CF juga memiliki nilai sama dengan DA/PA dengan rentang (0) sampai dengan yang tertinggi (100).

Idealnya, semakin tinggi nilai TF-nya maka akan semakin bagus pula kualitas domain tersebut.

contoh tf cf detik.com

trust flow CITATION FLOW detik

Jika nilai TF rendah sedangkan CF yang terlalu tinggi maka bisa diidentifikasi bahwa domain tersebut bisa saja bekas dipakai untuk spamming.

Lalu berapa sich idealnya?, nilai TF minimal 1/2 nya dari nilai CF. Jika nilai CF 44, yang bagus nilai TF minimal 22. Untuk mengecek TF/CF ini pada domain, Anda dapat langsung mengunjungi https://majestic.com/

Index

Sebaiknya domain yang anda pilih sebagai aged domain masih terindeks di Google walaupun cuma 1, syukur-syukur masih banyak indexing-nya. Untuk mengecek domain masih terindex atau tidak bisa di cek dengan format: “site:namadomain.com”, tanpa tanda kutip.

cara cek index expired domain

Untuk tipe dropped domain tidak harus melakukan pengecekan indeks, karena bisa dibilang 99% indeks-nya telah dihapus oleh Google.

Umur Domain

Umur domain yang jadi patokan untuk aged domain sebaiknya minimal 2 tahun, ini merupakan rata saran dari praktisi SEO dunia.

Untuk dapat mengecek umur pada domain Anda bisa pakai whois checker seperti :

who.is
whois.domaintools.com
whois.com
whois.net dan sebagainya

Umur domain dihitung ketika didaftarkan atau Registration Date sampai dengan waktu sekarang.

cara cek umur pada domain

Untuk tipe dropped domain ini, Anda tidak harus gunakan patokan umur pada domain.

Drop tidak lebih dari 2x

Ini juga cukup banyak disarankan/digunakan oleh para praktisi SEO.

Gunakan whois.domaintools.com untuk melihat berapa banyak domain tersebut drop.

cara cek domain yang drop

Backlink

Backlink merupakan point penting berikutnya dan paling krusial untuk menentukan bagus tidaknya domain yang expired. Untuk moneysite atau PBN, backlink memegang peranan yang penting dari performa expired domain kedepannya.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dengan seksama ketika melakukan pengecekan backlink:

Coba perhatikan referring domain dengan total backlink harus wajar
Jika backlink tersebut berasal dari 40 domain yang berbeda dan memiliki total sebanyak 153 backlink merupakan angka yang masih wajar. Sebaliknya backlink berasal hanya dari 30-an domain yang berbeda tetapi memiliki total backlink 1500-an, ini bisa jadi tanda tanya besar.

Jika referring domain yang terlalu sedikit akan tetapi total backlinknya banyak bisa diindikasikan backlink tersebut terpasang secara sitewide dalam hal ini sidebar atau footer. Dan seperti yang telah diketahui, tipe backlink sitewide ini yang ada di sidebar/footer tidak begitu bagus untuk website, apalagi kalau topiknya tidak relevan.

Lalu Idealnya?, jumlah total backlink sebaiknya tidak lebih dari 10x dari jumlah referring domain.

Misal, jika jumlah referring pada domain sebanyak 13, maka jumlah maksimal dari total backlink tidak melebihi 130.

Namun saat jumlah referring domain sebesar 50, maka idela jumlah maksimal total backlinknya tidak lebih dari 500 dan seterusnya….

backlinks vs referring pada domains

Total backlink yang banyak dengan jumlah referring domain yang terlalu sedikit apakah diidentifikasi sebagai spam dan perlu kita hindari ??

Belum tentu ya.

Sekali lagi ini hanya panduan yang tidak harus Anda terapkan sama persis.

Saat Anda mendapatkan domain dengan total backlink yang banyak tetapi referring domain yang terlalu sedikit, langkah selanjutnya anda harus cek asal backlink tersebut yaitu dengan cara:

– Cek asal backlink satu persatu
– Backlink yang bagus atau jelek akan ditentukan oleh kualitasnya bukan berapa jumlah backlinknya. Oleh karena itu anda perlu cek astu persatu asal backlink agar kualitas dari backlink tersebut dapat diketahui.

Melakukan cek backlink satu persatu, apakah tidak melelahkan??

Bagaimana jikalau jumlah backlinknya ada ratusan, bahkan ribuan ??

Okay, Anda dapat memakai fitur dari backlink checker seperti Ahrefs yang dapat menampilkan hanya 1 link per domain saja.

Misalnya, pada domain memiliki backlink sebanyak 800. Tetapi 800-an backlink itu asalnya dari 83 referring domain.

Melalui Ahrefs, Anda dapat menampilkan backlink hanya 83-an yang diperoleh dari 83 referring domain tersebut. Jadi setiap referring domain hanya menampilkan 1 sample backlink-nya saja.

one link per domain ahrefs

Clean Backlink vs Authority Backlink

Banyak wejangan yang menyarankan expired domain yang paling berkulitas harus mendapatkan backlink dari situs yang memiliki authority tinggi seperti Masable, Engadget, web-web pemerintahan (.gov), web-web pendidikan (.edu), Wikipedia, Huffington Post dan lainnya.

Saran ini ada benarnya juga, walaupun menurut hemat saya tidak benar 100%.

Jika anda memiliki expired domain dari backlink web ber-authority seperti diatas tentu anda akan beruntung dan menjadi nilai plus, jika tidak anda tidak perlu bersedih ataupun berkecil hati.

Seandainya Expired domain tidak mempunyai backlink authority untuk PBN yang potensial ataupun money site, hal lainnya yang harus anda perhatikan yaitu clean backlink atau backlink bukan dari tempat spamming.

Contextual Links

Contextual links yang berada didalam artikel merupakan backlink yang paling bagus untuk Expired domain.

Alasannya apa? Backlink yang ada pada artikel, kemungkinan besar relevan dengan isi artikel, sehingga kecil sekali kemungkinan terindikasi sebagai spamming.

Baca juga : Cara Membuat Artikel SEO Friendly Yang sukai Visitor dan Google

Anchor text

Anchor text juga pentingnya untuk dilihat, apakah natural atau buat spamming.

expired Domain yang memiliki backlink dari web authority akan percuma kalau anchor text-nya seperti ini :

kursus seo terbaik di jakarta

 

kursus seo jogja

Dengan anda terus melatih dalam mencari expired domain, nantinya secara alami anda akan menemukan dengan mudah, makin terbiasa membedakan antara anchor text yang baik dan yang spamming dengan melihatnya secara sekilas.

Anchor text yang bagus akan yang lebih banyak memakai nama ataupun brand domain.

Sebaliknya, domain dengan anchor text yang mayoritas “buying keyword” seperti : buy, affordable, cheap, online, sell dan sebagainya umumnya adalah domain bekas spamming. Anda perlu waspada dan juga teliti di dalam membeli expired domain tipe ini.

History domain

History domain di masa lalu juga sangat penting untuk dicek. Bagaimana tampilan content-nya, apakah pernah digunakan untuk web dengan bahasa asing, redirect, p*rno, redirect, gambli*g, p*rno ataupun website spam dan sebagainya.

Ada 2 free tools yang populer dan sering dipakai oleh pakar SEO untuk mengecek history pada domain expired yaitu :

– Screenshot History
– Wayback Machine

Untuk histori domain, alangkah baiknya hindari domain-domain bekas niche-niche sensitif atau ilegal, p*rno, dr*gs, PBN, gambli*g dan lain-lain.

Niche

Kalau dipakai untuk keperluan PBN, sebaiknya niche domain perlu disesuaikan dengan moneysite-nya, tetapi ini juga tidak mutlak wajib. Saat kriteria-kriteria lain telah terpenuhi syarat serta backlinknya, maka meski niche-nya agak melenceng dari moneysite bisa dipakai sebagai expired domain.

Untuk niche domain sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anda, karena kadang-kadang ada moneysite dengan niche tertentu cukup sulit untuk mencari expired domain yang se-topik atau sejenis. Niche yang paling mudah dicari adalah seputar health dan travel.

Dengan menggunakan metrik Topical Trust Flow yang ada pada Majestic.com, Wayback Machine dan History, anda dapat mengecek niche pada setiap domain.

Nama domain

Untuk keperluan PBN, nama domain tidak terlalu penting, asalkan domain mudah ingat dan memenuhi syarat maka layak digunakan daripada keyword on domain (KOD).

Sebaliknya untuk Moneysite, keyword sebagai nama domain dengan partial match menjadi salah satu cara terbaik seperti NinaWeddings.com, BuzzTattoes.com, JohnDesign.com dan lainnya.

Artikel Terkait lainnya : Cara Unik Riset Keyword dan Cara Optimasi Long Tail Keyword yang benar

Ekstensi

Untuk domain TLD alangkah baiknya menggunakan dot com (.com) karena user lebih familiar dengan ekstensi yang satu ini baik untuk PBN maupun moneysite. Jika tidak ada anda bisa gunakan ekstensi dot net (.net) dan dot org (.org).

Ke-3 ekstensi diatas merupakan ekstensi domain sangat dikenal dan paling lama, selain .biz dan .info sehingga kredibilitas dimata visitor tidak perlu diragukan lagi, beda halnya dengan ekstensi baru seperti .club, .rocks, .xyz, .co, mungkin banyak orang yang belum kenal dengan ekstensi satu ini sehingga beresiko eksistensi sebuah web bisa dipertanyakan.

Kriteria yang tidak saya gunakan untuk mencari expired domain :

Pagerank

Pagerank matrix yang dikeluarkan oleh Google tapi sudah lama sekali tidak digunakan dalam menentukan parameter SEO karena fitur ini sudah di nonaktifkan oleh Google. Jadi metrik ini tidak relevan lagi untuk dijadikan rujukan dalam mencari expired domain.

Spam Score

Spam Score merupakan metrik yang dicetus oleh Moz. Metrik ini berfungsi untuk menilai seberapa besar tingkat spam pada website.

Nilai Spam Score minimal 0/17 serta maksimal 17/17. Pada matrix ini, makin tinggi nilai spam score , maka makin tinggi pula kemungkinan website tersebut dipakai sebagai spam.

Berdasarkan diskusi-diskusi di forum lokal maupun luar yang saya ikuti, sepertinya beberapa praktisi SEO masih gunakan metrik ini untuk menentukan kualitas expired domain.

Pada beberapa tutorial tentang cara mencari expired domain yang saya temukan pada Google juga sangat menyarankan spam score wajib direntang nilai tertentu.

Saya sendiri tidak memakai metrik spam score, karena menurut saya kurang cocok, ada beberapa elemen on-page yang dijadikan rujukan seperti : ada atau tidaknya contact info, berapa banyak jumlah external link, adanya angka pada domain dan sebagainya.

Jika Anda mau memakai metrik Spam Score, pastikan Anda tidak menelan data tersebut 100% secara mentah-mentah. Sebaiknya pengecekan histori domain tetap dilakukan secara manual.

Cara Jitu Mencari Expired Domain di ExpiredDomains.net

Cara mencari expired domain tanpa mempraktekkannya langsung merupakan hal yang sia-sia, untuk itu yuk simak ulasannya.

Di dalam panduan ini, saya memakai expireddomains.net karena layanan ini gratis abis, jadi Anda dapat langsung mempraktekkannya tanpa harus mengeluarkan kocek atau biaya untuk subscription.

Untuk dapat memakai fitur-fitur pada expireddomains.net secara optimal, sebaiknya Anda wajib register terlebih dahulu.

Setelah Register serta Login, Anda akan mendapati menu-menu seperti dibawah ini :

kursus seo termurah

setting menu di expireddomains.net

Untuk berburu aged domain, kliklah menu Marketplace Domain (no. 1) lalu pilih GD Expired (No. 2).

GD Expired merupakan tempat lelang/auction untuk domain yang baru expired, pada tahapan ini terjadi di hari ke-26 s/d 35.

Atau Anda dapat memilih fitur GD Closeouts (no. 3) kalau Anda mau mencari domain yang dapat langsung dibeli saat itu juga pilih BIN.

GD Closeouts merupakan tempat lelang ketika domain tidak lagi laku di lelang pada GD Expired (hari ke-36 s/d 41 tahapan expired domain diatas).

Lalu klik Menu Deleted Domains (no. 4) untuk mencari jenis dropped domain setelah itu pilihlah ekstensi domain yang Anda mau.

setting menu dropped domain pada expireddomains.net

Setelah memilih diantara aged domain atau dropped domain, selanjutnya adalah melakukan filter agar domain-domain yang muncul nantinya bisa sesuai dengan kriteria yang kita mau.

Untuk klik filter, kemudian klik ‘Show Filter‘ :

pelatihan seo solo

show filter

Ada 4 menu atau tab utama di dalam filter ini yaitu Adwords, Common, Additional, Majestic dan SEO.

Tidak semua menu atau filter wajib Anda isi. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Saat Anda mencari expired domain untuk PBN misalnya, maka filter Adwords ini hampir tidak perlu anda gunakan untuk diisi.

Untuk lebih detail, marilah kita pelajari menu-menu atau fitur tersebut satu persatu.

Tab Menu “Common”

kursus seo gratis

Domain Name Whitelist

Filter ini dipakai untuk berburu domain berdasarkan keyword atau kata tertentu jika anda mau mencari domain jenis KOD, jika tidak fitur opsi ini bisa dikosongkan.

Domain Name Blacklist

Berlawanan degan filter Domain Name Whitelist, filter ini dipakai agar tidak menampilkan domain-domain yang memiliki keyword atau kata tertentu.

Domain Name Contains … AND
Hampir sama fungsinya dengan fitur “Domain Name Whitelist”, akan tetapi disini Anda dapat memasukkan 2 keyword atau bahkan lebih serta penempatannya tidak wajib exact.

Misalnya Anda input keyword “expired domain” (tanpa tanda petik) maka filter tersebut akan tampilkan domain-domain yang memiliki keyword atau kata “expired” dan kata “domain” seperti : domain07expired.com, expired123domain.com, dan lain-lain.

Domain Name (un) wanted Chars

Mirip fungsinya dengan fitur “Domain Name Blacklist” tetapi filter ini dipakai hanya untuk 1 karakter saja yaitu 1,2,3,A,B,C dan seterusnya.

Domain Name Pattern

Filter ini dipakai untuk berburu domain yang namanya mengandung pattern atau pola tertentu.

Misalnya : awalan domain memakai konsonan yaitu huruf mati BCDFGH, lalu karakter ke-2 domain memakai huruf hidup yaitu AIUEO, dan karakter terakhir domain memakai angka dan sebagainya.

Kecuali Anda mau mencari domain dengan nama yang sangat cantik dan juga brandable, kemungkinan harganya juga tinggi. Alangkah baiknya kosongi opsi ini.

Domain Name Settings

no Numbers : centang klo Anda tidak mau tampilkan domain yang memiliki angka.

no Characters : centang klo Anda tak mau tampilkan domain yang memiliki huruf alfabet.

no Hyphens : centang jika Anda tidak mau tampilkan domain yang memiliki tanda hubung (-).

no consecutive Hyphens : centang jika Anda tidak mau tampilkan domain yang memiliki tanda hubung berurutan (–).

only Numbers : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain dengan angka yaitu tanpa haruf alfabet ataupun karakter lain.

only Characters : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain dengan huruf alfabet yaitu tanpa angka ataupun karakter lain.

no Adult Names : centang jika Anda tidak mau tampilkan domain yang memiliki keyword-keyword adult seperti bo*bs, p*rn, s*x dan sebagainya.

Menu dibawahnya bisa dipakai untuk mengatur berapa batas minimal dan maksimal dari jumlah karakter domain, vowels (huruf hidup), characters/huruf alfabet, hyphens (tanda hubung), consonants (huruf mati), serta Numbers (angka).

SimilarWeb Top Country
Filter ini dipakai untuk tampilkan domain-domain yang memiliki peringkat pada SimilarWeb.com berdasarkan negara.

Common SEO
only with Dmoz Entry : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang masuk dalam directori Dmoz.org dan sayangnya per 17 Maret 2017 telah ditutup.

only with SimilarWeb Rank : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki ranking di SimilarWeb.com

only with Alexa Rank :centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki ranking di Alexa.com

only with Quantcast Rank : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki ranking di Quantcast.com

Menu dibawahnya dipakai saat mengatur batas minimal serta maksimal dari suatu Backlink, Alexa, WBY (Whois Birth Year), ACR (Archive.org Number of Crawl Results), dan juga ABY (Archive.org Birth Year).

SimilarWeb

Filter ini dipakai untuk filter domain berdasarkan data dari SimilarWeb seperti Trafik, Top Country Rank (ranking domain per-negara), Global Rank (ranking domain secara global) dan lainnya.

Listing Settings
Filter ini dipakai untuk tampilkan domain berdasarkan data lelang atau auction.

only new last 12 hours : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang masuk ke lelang atau auction dalam 12 jam terakhir.

only new last 24 hours : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang masuk ke lelang atau auction dalam 24 jam terakhir.

only new last 7 days : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang masuk ke lelang atau auction dalam 7 hari terakhir.

only new last 30 days : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang masuk ke lelang atau auction dalam 30 hari terakhir.

Pada menu bawahnya, Anda juga dapat tampilkan domain berdasarkan tanggalnya.

Max Price berfungsi sebagai batas maksimal harga domain.

Listing Type dapat juga menentukan auction atau jenis yang mau ditampilkan, baik menggunakan sistem langsung beli / Buy it Now ataupun sistem BID.

Domains per Page dipakai untuk mengatur berapa banyak jumlah domain per halaman sehingga tampil di expireddomains.net.

Menu Tab “Additional”

kursus seo online gratis

Original gTLDs
Filter ini dipakai untuk tampilkan domain dengan ekstensi tertentu saja.

only gTLDs : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang termasuk dalam Generic Top-Level Domains (gTLDs) seperti .biz, .info, .com, .net, .org dan sebagainya.

no gTLDs : kebalikan dari opsi ke-1 diatas.

Pada menu bawahnya, Anda juga dapat menampilkan domain .net saja, .com saja, dan sebagainya.

ccTLDs – Country Code TLDs
Filter ini dipakai untuk menampilkan domain dengan ekstensi tertentu dari negara tertentu.

only ccTLDs : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang termasuk dalam Country Code Top-Level Domains (ccTLDs) seperti .es (Spain), .de (Deutschland/Germany), .uk (United Kingdom), .id (Indonesia) dan sebagainya.

no ccTLDs : kebalikan dari opsi ke-1 diatas.

no Second Level Domains : centang kalau Anda tidak mau tampilkan domain yang termasuk Second Level Domains seperti .or.at, sch.id, .com.au, .net.au, .co.uk, .ac.uk, ac.id, .co.at dan sebagainya.

Di menu bawah, Anda dapat juga menampilkan domain dengan ekstensi khusus .co, .me, .cc dan sebagainya.

Dictionary Word Domains

Filter ini dipakai untuk tampilkan domain dengan keyword atau kata dari bahasa tertentu seperti Spanish, Indonesian (bahasa Indonesia), English, German dan sebagainya.

Anda juga dapat mengatur berapa jumlah minimal dan juga maksimal dari keyword yang terdapat dalam domain-domain tersebut.

Untuk filter lainnya di Menu Tab ini seperti Related Domains .COM, Name in selected TLD is registered, Related Domains CNOBI, Geo Domains, Name in selected TLD is available, Related Domains CNO dan Social Namecheck tidak terlalu penting dalam mencari domain expired sehingga tidak perlu saya jelaskan.

Menu Tab “Adwords & SEO”

kursus seo terbaik

Adwords Products & Services Category, Adwords USA dan Adwords UK Adwords Global, Adwords Germany

Filter-filter ini sangat baik digunakan untuk program utama Google Adsense untuk dengan moneysite.

Di sini Anda dapat memfilter domain berdasarkan Cost per Click (CPC), Global Monthly Search, Competition dan yang ada di Adwords.

Artikel lainnya:

Kursus SEO Online Terbaik
Tools Gratis Riset Keyword
Panduan Lengkap Google Search Console

Yandex

Thematic Citation Index (Yandex TCI) merupakan sistem perankingan website seperti Pagerank, tetapi menggunakan mesin pencari Yandex (Rusia).

Wikipedia & Wikipedia Databases

Gunakanlah filter ini jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki backlink dari Wikipedia.

Majestic Million

Filter ini berdasarkan data dari Majestic SEO.

Majestic Global Rank : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki Global Rank pada Majestic.

Menu bawahnya Anda dapat mengatur batas minimal-maksimal dari jumlah backlink dengan IP yang berbeda, jumlah backlink tersebut dari IP Class-C yang berbeda pula serta Ranking domain.

SEOkicks

Filter ini mengambil data dari SEOKicks.

Relative mirip dengan Majestic Million, di sini Anda juga dapat mengatur batas minimal-maksimal dari jumlah backlink dengan IP yang berbeda, jumlah backlink dari IP Class-C yang berbeda serta jumlah total backlink.

SEMRush Google.com

Filter ini mengambil data dari SEMRush.

SEMRush Rank : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki ranking di SEMRush.

Wajib dibaca:

Menulis Artikel Yang SEO Friendly
Belajar SEO
Download Gambar Bebas Royalti
Paket Internet Super Murah XL

SEMRush Keywords : centang jika Anda hanya mau tampilkan domain yang memiliki keyword yang meranking di search engine Google.

Di menu bawahnya Anda dapat mengatur batas minimal-maksimal dari Keyword, Trafik, SEMRush Rank, dan berapa estimasi CPC.

Menu Tab “Majestic”

kursus web seoMajestic, Majestic .edu/.gov, Majestic .edu/.gov EXACT
Jika memakai fitur ini, anda akan memiliki data yang dapat di grab seperti pada Majectic Million, filter ini juga mengambil data dari Majestic SEO

Disini Anda dapat memfilter domain berdasarkan Jumlah External Backlinks (link keluar), Jumlah Referring Domains, TF (Trust Flow), CF (Citation Flow), external backlink .edu/.gov, Jumlah Backlink .edu/.gov dan sebagainya.

Majestic Topical Trust Flow

Filter ini merupakan salah satu fitur andalan pada Majestic.

Topical Trust Flow sangat membantu jika Anda mau mencari expired domain dengan niche tertentu.

Disini Anda dapat memilih sampai dengan 10 kategori.

Langkah selanjutnya, jika Anda telah selesai memfilter data yang dibutuhkan berdasarkan keterangan diatas, Anda dapat klik “Apply Filter“.

 

apply filter

Untuk domain-domain yang masuk kriteria akan tampil beserta kolom-kolom juga yang berisi data-data pendukung seperti jenis auction, waktu berakhir auction, harga domain, jumlah backlink, histori domain dan sebagainya.

kursus seo nusantara

contoh daftar expired domain

Anda juga dapat custome kolom dari domain-domain yang mau ditampilkan berdasarkan kebutuhan.

Untuk melakukannya, kliklah ‘Show Filter‘ lalu ‘Customize Columns‘

 

tombol customize columns

Pilih kolom yang Anda butuhkan setelah itu klik ‘Save Changes‘.

kursus seo blogger

menu di column manager

Jika telah selesai, domain-domain ini dapat Anda simpan dalam bentuk .txt atau .csv supaya dapat dianalisa lebih lanjut.

simpanlah daftar expired domain dalam bentuk csv atau txt

 

Kesimpulan

Untuk berburu expired domain yang berkualitas diperlukan analisa untuk mendapatkannya dan harus teliti serta detail mulai dari backlink, history, kualitas domain dan lainnya. Silahkan berimprovisasi sendiri untuk menemukan winning expired domain dengan komposisi yang cocok menurut anda, tidak ada ketentukan baku dari setiap matrix.

Artikel terkait:

Menaikkan Share Content Facebook
Traffic Website anda menjadi tinggi, mau?
SHORT TAIL KEYWORD Page 1 Google

Semakin anda rajin berburu expired domain, maka akan terus terasah dalam mencari serta menemukan domain expired yang berkualitas baik untuk keperluan money site maupun PBN. Atau anda dapat beli yang sudah tinggal pakai tanpa rasa lelah dan rumit saat membeli pada merchant penjual expired domain seperti https://domains.pbnhq.com/.

About ardaconian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − one =