Home / Social Media / Cara Jitu Menaikkan Share Content Facebook Semudah Masak Mie

Cara Jitu Menaikkan Share Content Facebook Semudah Masak Mie

belajar seo instagram

Jangkauan content anda mau lebih luas di Facebook? Mau tahu caranya sehingga share content Facebook Semudah Masak Mie?, Stay tune ya sobat…and terus membaca artikel bermanfaat ini.

Walaupun begitu banyak perusahaan dari berbagai brand terkenal yang pindah ke platform social media yang lain, tetap saja facebook masih menjadi leader dalam social media marketing dan banyak di gunakan untuk brand awereness karena:

– Mempunyai member aktif terbesar lebih dari 1,7 miliar di bandingkan media social lainnya.

– Jumlah pengguna yang aktif begitu besar di Indonesia dan Facebook merupakan social media yang paling banyak di gunakan ada sekitar 82 juta orang yang aktif di sini.

– Ternyata Facebook menjadi media social yang banyak di gunakan untuk tujuan marketing.

kursus seo program

So secara alamiah, Anda akan menggunakan social media marketing untuk berinteraksi dan menjangkau target customer yang lebih luas melalui Facebook. Di dalam postingan ini kami, mau berbagi 7 tips jitu untuk menaikkan share content Facebook secara GRATIS hanya untuk anda.

Artikel lainnya:

Kursus SEO Online Terbaik
Tools Gratis Riset Keyword
Panduan Lengkap Google Search Console

Pilihlah Jenis Postingan yang tepat serta memperhatikan timing kapan harus posting

Cara jitu untuk menaikkan share content yang paling utama adalah anda perlu memilih jenis postingan yang tepat serta timing untuk posting. Misalnya saat bulan Ramadhan, anda dapat posting seputar kuliner menjelang berbuka puasa ataupun sahur, fashion untuk Ramadhan, tips aman untuk mudik dan sebagainya.

Anda harus memikirkan content apa saja yang perlu disajikan agar ada interaksi serta jangkauan share postingan menjadi lebih luas dan viral. Jika tidak menarik, tentunya visitor akan skip content anda dan menuju ke postingan lainnya yang lebih menarik. Lalu bagaimana sich agar anda dapat menyajikan content yang menarik? Ikuti terus ulasan berikut ini ya….

Dari studi kasus yang dilakukan oleh media online terkenal https://buzzsumo.com/, mereka mendapatkan jenis postingan yang paling jitu dan berfungsi dengan baik di Facebook. Mereka menemukan bahwasanya lebih dari 1 miliar postingan terdapat di Facebook dan ditemukan hasilnya sebagai berikut ini:

kursus seo blogspot
Pertama: Postingan Berupa Pertanyaan

Postingan berupa pertanyaan yaitu ketika anda membuat pertanyaan dan mengundang follower untuk membagi pendapat dan jawaban mereka melalui Facebook. Ternyata postingan ini menghasilkan interaksi yang begitu besar sekitar 500 interaksi dalam waktu yang begitu cepat.

Kedua: Postingan Berupa Gambar

kursus buat seo

Berikutnya adalah postingan berupa gambar, hampir menghasilkan 500 interaksi. Interaksi ini lebih lengkap, untuk postingan gambar yang menarik akan mendapatkan like, komentar serta share di setiap postingan. Postingan berupa gambar mendapatkan peringkat ke-2 karena kecendrungan orang tertarik pada visual yang bergambar daripada content berbentuk teks saja. Dalam studi kasus ini ditemukan bahwa mengkombinasikan gambar serta postingan berupa pertanyaan akan menghasilkan interaksi yang lebih baik, sekitar 616,7 interaksi.

Akan tetapi postingan berupa pertanyaan berupa teks saja rata-rata hanya mendapatkan 144,45 interaksi. Sehingga anda bisa melihat dan membandingkan ternyata gambar mempunyai pengaruh yang begitu besar untuk setiap postingan.

Wajib dibaca:

Mencari Domain Expired
Belajar SEO
Download Gambar Bebas Royalti
Paket Internet Super Murah XL

Ketiga: Postingan Berupa Video

belajar seo di depok

Pada kasus ini ditemukan bahwa postingan berupa video menghasilkan rata-rata 400 interaksi di Facebook, tentu bukan angka yang kecil ya. Video merupakan media yang cukup besar dampaknya jika menggabungkan nilai entertaiment untuk berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya. Bahkan cerita yang dapat menarik target customer bisa di sampaikan dalam bentuk video. Kekuatan video terbukti ketika Burger King membuat video untuk promosikan pembelajaran dan di sharing lebih dari 37.000 kali, amazing bukan..??

Keempat: Postingan dengan memberikan link

Kasus ke-4 yaitu video dengan memberikan link pada postingan ternyata menghasilkan 200 interaksi. Postingan dengan memberikan link dapat membantu anda membagi content web ke follower yang loyal di Facebook.

Kelima: Posting dengan Giveaway

kursus seo jakarta selatan

Yang ke-5, untuk postingan mempromosikan hadia ataupun kontes mendapatkan interaksi 200 di Facebook. Semakin besar hadianya maka akan semakin besar pula interaksinya.

Studi kasus ketika berbagi content video lebih banyak, apa dampaknya?
Di dalam studi kasus BuzzSumo yang sudah dijelaskan di atas, mereka mencoba untuk cari tahu bagaimana sich performa postingan berupa video jika dikatagorikan berdasarkan interaksi berupa komentar, like serta share?.

Amazing…ternyata walaupun video berada di peringkat ke-3 secara keseluruhan dalam interaksi, akan tetapi jenis content ini paling banyak di sharing oleh audiens karena media jenis ini menggunakan audio visual sehingga visitor merasa enjoy dalam menikmati content jenis video ini, mendapatkan sekitar 83.87 share Facebook dan ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sharing content di Facebook.

kursus seo jepara

pada Juni 2016 dilakukan studi kasus oleh BuzzSumo, menunjukkan data bahwa postingan berupa video mengalahkan content jenis lainnya dalam hal sharing di Facebook. Berdasarkan analisis mereka, konten berupa video menjadi meningkat 2x lipat semenjak Agustus 2015. Pastikan anda tidak posting dari link Video ataupun Youtube di dalam Facebook fanpage anda, melainkan harus upload/posting langsung video tersebut dalam Facebook.

Pada Studi tersebut ditemukan perbedaan yang signifikan antara keduanya yaitu video Youtube hanya mendapatkan kurang dari 100 share dan interaksi sekitar 140 saja, sedangkan video yang langsung di upload di Facebook memiliki share yang lebih besar yaitu 200 dan interaksi 951,48, tentunya besar sekali ya dampaknya?.

Sehingga Anda dapat mengalahkan pesaing dengan membuat video lebih banyak dan bermanfaat kepada visitor pada halaman Facebook. Anda bisa memperoleh lebih banyak interaksi dan keterlibatan user pada video tersebut, otomastis content yang anda sajikan dalam video akan lebih banyak di jangkau oleh orang lain.

Buat lebih banyak Konten Visual

kursus seo di jakarta selatan

Pada studi kasus BuzzSumo yang telah di bahas di atas, bahwa content berupa video serta foto akan mendapatkan banyak sharing ketimbang dengan jenis content lainnya. Cara seperti ini tentunya bisa meningkatkan strategi social marketing menjadi lebih baik karena share konten Facebook ini memiliki kecendrungan yang meningkat.

Mau tahu bagaimana sich cara melakukannya? Berikut ini beberapa tipsnya:

Buatlah Infografik

kursus digital marketing seo

Jika Anda mempunyai sebuah artikel yang menarik serta mau mendapatkan interaksi lebih baik, buatlah infografik yang unik dan lebih menonjolkan dengan memberikan beberapa info yang bermanfaat dalam artikel. Lalu anda memberikan link dan deskripsi sebagai keterangan di dalam infografik tersebut di Facebook. Cobalah buat orang untuk meng-klik link yang anda cantumkan dalam infografik tersebut sehingga mereka dapat membaca artikel secara lebih lengkap dan mendapatkan informasi yang berguna.

Coba anda lihat studi kasus Health Digest berikut ini di mana content tersebut mendapatkan 2000 share dalam waktu 21 jam saja, yang mana mereka menggunakan Infografik seputar kesehatan, manfaat kunyit untuk kesehatan.

Membuat Custom pada Images

Artikel terkait:

Menulis Artikel Yang SEO Friendly
Traffic Website anda menjadi tinggi, mau?
SHORT TAIL KEYWORD Page 1 Google

Apakah anda membagi posting pertanyaan ataupun posting teks yang membuat orang tertarik dengan membuat custome pada image untuk postingan Anda? Cobalah memulai dengan brainstorming atau cara memikirkan/mengumpulkan beberapa ide untuk jenis gambar sehingga mendapatkan banyak interaksi. Contohnya Rockstar Games, mendesign custome image dari info yang mereka tawarkan di GTA Online.

Postingan ini tentunya mendapatkan 400 lebih. Jika anda tidak update, maka bisa menggunakan cara lainnya dengan memakai gambar sederhana saja tapi membubuhi dengan Joke/Humor serta permainan kata yang related dengan bisnis anda. Berikut ini adalah Beberapa contoh image yang powerful dari Taco Bell.

Berbagi Video Tutorial yang bermanfaat bagi orang lain

Coba kita flash back dari content di atas, bahwa content berupa video akan mendapatkan interaksi terbanyak dan menghasilkan share yang efektif serta viral. Cobalah untuk membuat video yang berguna seperti video tutorial, karena video tutorial yang berkaitan dengan solusi “Bagaimana caranya…” banyak sekali di cari oleh orang lain, apalagi video tersebut dibagikan secara gratis atau cuma-cuma, ya…tentunya dengan syarat agar tujuan marketing anda akan menjadi lebih optimal lagi, misalnya denga like, share dan komentar atau bisa di kombinasi dengan klik link serta mengisi telp ataupun email untuk mendapatkan video tutorial gratis senilai…dari sini anda nanti akan dapat membuat list database pelanggan yang bisa di follow up di kemudian hari.

Pilih Waktu/Timing yang Tepat

Pilih Waktu posting

Timing begitu sangat penting terlepas dari seberapa menariknya konten Anda. Lalu, berikut cara meningkatkan share konten di facebook selanjutnya yaitu dengan memilih waktu yang pas untuk posting. Contohnya, jika anda sharing ketika audien sedang bekerja, tidur ataupun sedang beraktifitas lainnya, maka content anda tidak akan mendapatkan jumlah share yang signifikan, tentunya akan menjadi sia-sia bukan?

Dari hasil Kissmetrics di dapatkan analisa content yang cenderung berubah di social media sesuai dengan timing nya. Bersasarkan data mereka, Kamis merupakan hari yang paling buruk untuk sharing content, akan tetapi hari minggu menjadi paling bagus untuk sharing content. Selain Minggu ternyata, Sabtu memiliki dampak yang besar pula untuk sharing content.

Mereka juga mendapatkan share Facebook sekitar siang hari menjadi meningkat dan cenderung turun pada malam hari di atas jam 19:00. Akan tetapi, ini bukan sesuatu yang pasti dikarenakan setiap bisnis memiliki karakteristik yang unik pada setiap customer/audiens. Gunakanlah Facebook Insights untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk posting agar tidak sia-sia, melaui tools Facebook tersebut anda akan tahu target customer yang paling aktif kapan saja.

Singkat dan juga Simpel, tidak bertele-tele

Content Simple
Deskripsi yang begitu panjang akan membuat audiense menjadi tidak fokus sehingga tingkat share terhadap content menjadi tidak optimal. Perlu anda ketahui, tujuan orang di social media adalah untuk bersosial tidak sekedar untuk membaca. So, saat anda menyajikan deskripsi juga harus singkat, jelas dan padat serta to-the-point baik berupa video, link, infografik ataupun gambar.

Studi Buzzsumo menganalisis juga, bahwa posting yang memiliki 0 sampai 50 karakter untuk keterangan / deskripsi akan menghasilkan interaksi sekitar 411 dari setiap postingan di Facebook. Ada tren yang menurun dari setiap interaksi seiring dengan banyaknya karakter yang meningkat, dapat anda lihat pada grafik berikut ini:

Cara berikutnya dengan Menggunakan Emoticons untuk Meningkatkan Share Konten

Meningkatkan Share Konten

Mungkin tidak banyak orang yang tahu dan bisa saja sulit untuk di percaya bahwa menggunakan emoticon dalam posting berperan penting di Facebook bahkan akan meningkatkan share sebesar 33% jika menggunakan emoticon, sama juga berlaku pada komentar. Untuk like bisa mendorong 57% pada sebuah postingan dengan bantuan emoticon. Jadi, mulai saat ini sebaiknya anda memperhatikan emoticon di dalam content tersebut.

Dengan membuat Emoji, content akan menjadi lebih interaktif, terkesan ramah dan dapat memberikan sentuhan yang sifatnya lebih personal, tetapi gunakan emoji sewajarnya saja karena jika berlebihan akan membuat content menjadi tidak menarik. Anda dapat memberikan beberapa sentuhan visual untuk teks Anda dalam bentuk emoji, jika anda tak mempunyai waktu yang lebih untuk mempersiapkan custome image dan juga infografis.

Contohnya pada postingan yang diberikan emoji hati (love) kecil berikut ini dapat memberi sentuhan tersendiri di dalam postingan walaupun emoji ini di gunakan untuk dukungan dari sebuah donasi.

 

Sering Mendorong Share Melalui Kontes-Kontes

Jika Anda adalah seorang marketer, Anda tentu saja terbiasa dengan kontes melalui sosial media dengan memberikan penawaran khusus. Dengan model marketing ini dapat meningkatkan share konten untuk brand karena akan terjadi interaksi yang meningkat pula sehingga nama brand akan lebih sering muncul dan di kenal di social media.

Share Melalui Kontes Content

Dengan membuat sebuah kontes ataupun penawaran via konten visual, maka share konten akan menjadi lebih banyak. Hal ini dikarenakan orang akan hanya berbagi content yang menarik kepada teman-temannya. Untuk itu anda harus membuat persyaratan ataupun aturan untuk menaikkan share di Facebook dengan cara audeins / peserta wajib meng-share content kontes tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan share via kontes:

meningkatkan share via kontes

Buatlah Aturan yang jelas

Yang paling utama adalah buatlah persyaratan atau aturan kontes tersebut serta tujuannya. Karena tujuan ini dapat mendorong seseorang bersedia untuk share konten. Anda wajib membuat aturan yang jelas dengan tidak melanggar aturan yang sudah di tetapkan oleh Facebook sehingga kontes dapat berjalan dengan baik dan peserta antusias dalam mengikuti kontes tersebut.

Tentukan beberapa Hadiahnya

Berikanlah motivasi untuk fans Anda agar interaksi dalam suatu kontes dapat berjalan sesuai dengan keinginan anda, tentunya dengan memberikan motivasi berupa hadiah yang menarik dan memastikan bahwa follower anda sudah benar-benar siap mengikuti kontes.

Tampilkan info kontes secara Detail

Tampilkan info kontes pada content

Setelah ketentuan dan persyaratan kontes untuk mengikuti kontes sudah anda buat, anda sebaiknya membuat gambar yang menarik dan mudah di pahami oleh peserta kontes. Jika deskripsi untuk ketentuan dan persyaratan terlalu panjang, sebaiknya anda sajikan ke dalam web anda, lalu share link tersebut dengan gambar.

Kesimpulannya
Semoga sekarang anda mempunyai ide yang unik untuk menentukan jenis konten yang tepat agar content tersebut mendapat share lebih banyak di Facebook. Semakin besar jumlah share yang dihasilkan, maka akan brand atau bisnis anda akan semakin banyak dikenal oleh banyak orang. Anda bisa menggunakan beberapa tips bermanfaat di atas agar strategi Facebook marketing Anda menjadi lebih optimal.

About ardaconian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *