Home / seo / Cara Mudah Menulis Artikel Yang SEO Friendly Sesuai Algoritma Google

Cara Mudah Menulis Artikel Yang SEO Friendly Sesuai Algoritma Google

Menulis Artikel Yang SEO Friendly Sesuai Algoritma Google – Halloo sobat, pada waktu kesempatan ini saya akan memberiakan artikel bermanfaat bagaimana cara menulis artikel yang mudah sehingga bukan hanya disukai oleh Google saja akan tetapi visitor akan berlama-lama mengunjungi web anda, tentunya ini akan membuat authority web anda akan semakin tinggi di mata Google.

Setiap saat Google akan mengeluarkan update tentang ketentuan-ketentuan SEO termasuk bagaimana artikel yang baik berdasarkan kaidah-kaidah SEO. Dahulu saat bermain SEO, kita hanya perlu menggunakan optimasi langsung ke website dengan memberikan backlink dari situs lainnya, tapi saat ini konten untuk keperluan SEO juga sangat berperan penting ketika anda menginginkan agar web serp di halaman pertama Google dengan banyak keywords. Perlu anda ketahui saat ini banyak sekali web yang drop trafficnya bahkan cukup banyak web yang kena deindex atau deleted oleh Google, ini semua karena konten. Lhoo ini maksudnya apa bro…?? ok…terus simak ulasan berikut ya agar web anda mengalami hal yang sama seperti drop traffic maupun deindex.

Artikel lainnya:

Kursus SEO Online Terbaik
Tools Gratis Riset Keyword
Panduan Lengkap Google Search Console

Kalau anda bingung bagaimana cara penempatan keywords sehingga akan mudah masuk pada halaman pertama Google, coba anda simak ulasan teknik short tail keyword yang bisa anda baca di sini:

Oke…Sebelum kita membahas lebih dalam lagi, alangkah baiknya anda mengetahui apa saja yang terjadi pada tahun 2019 ini dari SEO sehingga anda tidak salah jalan dalam menggunakan teknik SEO yang baik dan aman untuk diterapkan pada Google, berikut ulasan singkatnya.

kursus seo website

Hal Hal yang perlu anda lakukan di algoritma 2019 ini

Semakin kesini, perilaku Google semakin mendekati manusia. Contoh yang paling sederhana, ketika ada seseorang mengetik keywords “lenopo” padahal yang di maksud adalah “lenovo” untuk laptop lenovo maka Google akan memberikan suggest keyword “yang anda maksud adalah lonovo”, ini artinya mesin Google dibuat untuk memahami apa yang user cari. Ke-2 dahulu web sedikit content atau bahkan tanpa content pun bisa ranking pertama Google, pada saat visitor klik web tersebut dan tidak mendapatkan content yang mereka cari, otomatis visitor tersebut akan close meninggalkan web itu sehingga Google bisa menilai web tersebut memiliki reputasi yang buruk. Ya..Google bisa menilai baik atau tidak web tersebut dengan menghitung berapa lama web dikunjungin dan berapa banyak halaman dibaca. Karena tidak ada content atau content terlalu sedikit, Google akan menurunkan posisi web yang tadinya ranking. So saat ini konten sangat berperan penting untuk SEO. Pada saat anda bermain SEO, hal-hal apa saja yang harus anda ketahui:

  • apa yang perlu anda lakukan ??
  • bagaimana teknik yang harus anda gunakan ??
  • apa saja aturan-aturannya??
  • Siapa saja yang boleh tampil pada halaman utama ??
  • Bagaimana cara menyuguhkan artikel yang menarik dan terbaik ??

Pertanyaan di atas yang anda list akan mempermudah dalam menduduki halaman terbaik SERP Google. Ketika anda menemukan jawaban tersebut, berarti anda tinggal selangkah lagi agar web mendapatkan traffic terbaik dari Google dan anda orang yang paling beruntung membaca artikel ini.

Hal yang harus dilakukan di tahun 2019 ini adalah membuat Artikel SEO Friendly yang mengoda karena pada algoritma google terbaru ini akan lebih mementingkan kualitas dari content itu sendiri agar optimasi bisa berjalan dengan optimal, yaitu menulis artikel dengan beberapa aturan baku agar lebih ramah terhadap mesin pencari terutama Google.

Wajib dibaca:

Mencari Domain Expired
Belajar SEO
Download Gambar Bebas Royalti
Paket Internet Super Murah XL

Hal- hal yang harus anda hindari

Cobalah berhenti sejenak dan anda pikirkan, apa saja yang menjadi penghalang sehingga web sulit masuk pada halaman pertama google?. Ada beberapa hal yang perlu anda hindari bahkan harus dihilangkan dari kebiasaan ngeblog dimasa lampau yaitu:

  • berhentilah mencari spam backlink
  • tidak menggunakan teknik blackhat lainnya yang melanggar supaya website tampil dihalaman SERP
  • berhenti menggunakan cara-cara yang curang, menyalahi aturan mesin pencari
  • jangan pernah copy-paste artikel orang, sebaiknya tulis ulang artikel tersebut agar unik dan tidak duplicate

Google akan semakin jeli melihat backlink spam, saat backlink tersebut terdeteksi maka dalam hitungan detik web tersebut bisa hilang dari SERP Google. Ada orang yang mencari backlink dari nilai metrik DA dan PA yang sangat tinggi dengan waktu yang begitu cepat, bukannya naik justru malah di tendang oleh Google dan hilang dari pencari bahkan jika terlalu massive backlinknya dapat berakibat web anda bisa terkena deindex.

Saat ini hanya artikel yang UNIK dan MURNI sajalah yang akan ditampilkan Google, karena kerasnya persaingan ditahun 2019 ini, semuanya benar-benar disaring.

Menulis Artikel SEO Friendly Begitu Mudahnya

Menulis Artikel SEO Friendly harus mengikuti kaidah-kaidah dalam menulis serta memperhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh di dalam penulisan sehingga artikel yang anda tulis tidak melanggar aturan search engine. Lalu apa saja aturan tersebut? Simak ulasan berikut ini:

1. Keyword harus berada dalam Judul

Agar spider crawl/search engine mudah membaca atau menterjemakan artikel yang anda tulis, maka letakkanlah keyword pertama kali pada judul artikel. Selain untuk keperluan SEO, penempatan keyword pada judul artikel juga akan memudahkan visitor untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Hal ini menjadi fokus yang paling utama sebelum anda membuat isi artikel tersebut.

2. Masukanlah keyword utama di paragraf pertama

Praktisi SEO bersepakat bahwasanya keyword yang dimasukkan pada paragraf pertama akan mempengaruhi power dari SEO itu sendiri. Bahkan ada yang mengatakan letakkan keyword pada 100 kata pertama pada paragraf awal, dalam hal ini saya menulis keyword utamanya yaitu “menulis artikel seo friendly“. Pada artikel ini, paragraf pertama saya sisipkan keyword yang mau saya bidik.

Masukan keyword utama pada paragraf pertama

3. Isi Meta Deskripsi keyword yang mau dibidik

Meta deskripsi atau deskripsi penelusuran akan membantu visitor untuk memilih web mana yang akan di klik oleh visitor pada search engine, sehingga tidak boleh asal asalan dalam menulis meta deskripsi. Buatlah meta deskripsi yang menggoda agar visitor mau klik web anda, meta deskripsi ini berisi rangkuman artikel yang akan ditampilkan pada mesin pencari dan tingkat relevansi konten yang ada di dalam meta deskripsi ini sangatlah diperhitungkan oleh google. Karena itu saat web anda ingin lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, letakkanlah keyword yang anda optimasi pada meta deskripsi ini.

Isi Meta Deskripsi

4. Perhatikan berapa panjang meta deskripsinya

Buatlah meta deskripsi dengan baik dan tidak asal-asalan, sebaiknya anda memperhatikan panjang pendeknya meta deskripsi tersebut. Tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek yaitu kisaran 130-150 kata. Jika terlalu panjang maka search engine akan memotong deskripsi tersebut dan jika terlalu pendek maka web anda di anggap mempunyai low quality content atau thin content. Gunakan tool ini untuk mengetahui berapa jumlah karakter yang anda tulis.

5. Letakan Keyword Utama Pada H1 atau Heading 1 serta SubHeading (H2, H3, H4 dan sebagainya)

Salah satu struktur atau susunan tulisan pada artikel yang baik, selain enak di baca tetapi juga harus menyertakan Heading dan Sub heading. Jika anda memasang script table of content, maka akan menghasilkan internal linking yang baik berupa daftar isi sehingga web anda dapat memberikan suggest artikel lainnya untuk visitor. Pada case sudy berikut ini cara hanya meletakkan Heading 2 (H2) saja, ini syarat minimal dalam peletakkan Heading, akan tetapi alangkah baiknya anda meletakkan juga H3, H4 dan sebagainya agar power SEO semakin kuat lagi, perhatikan gambar dibawah ini.

Letakan Keyword Utama Pada salah satu Heading

6. ALT(atribute) pada gambar diberikan keyword utama

Unsur artikel yang SEO Friendly yang selanjutnya adalah dengan memberikan keyword pada Alt text image, biasakan tidak memberikan judul gambar dengan sembarangan, seperti: untitled-1 , gambar-1 dan sebaginya. Gambar yang diberikan Alt text akan memperkuat posisi serp dari web yang mau di optimasi sehingga akan semakin memudahkan dalam pengerjaan SEO, dengan kata lain gambar yang diberi judul lebih mudah ditemukan baik pada saat visitor mencari artikel maupun mencari gambar.

7. Tulislah konten minimal 500 kata.

Dalam menulis artikel untuk keperluan SEO, sebaiknya menulis minimal 500 kata, karena content yang terlalu sedikit akan bermasalah dikemudian hari, semakin banyak semakin bagus karena peluang untuk mendapatkan traffic dari kata kunci apapun di Google akan semakinlebih besar pula, More Content More Traffic. Berdasarkan case study, content yang panjang serta menarik akan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan traffic, jadi mulai saat ini tidak mengabaikan content ya…sobat.

8. Berilah outbounds links dari web ber-authority di dalam artikel anda.

Outbound link sangat erat kaitannya dengan SEO dan sangat dianjurkan memasukkan outbounds link pada artikel anda. Jika anda lihat halaman yang disajikan oleh WIKIPEDIA, di sana banyak terdapat internal linking dan outbounds link juga, hal ini bertujuan untuk merekomendasikan ke visitor halaman mana saja yang bisa dikunjungi atau dengan kata lain web tersebut memberikan referensi bacaan. Semakin banyak referensi bacaan yang disajikan ke visitor maka akan semakin banyak page yang dikujungi dan ini akan membuat web anda trusted di mata visitor maupun search engine.

Artikel terkait:

Menaikkan Share Content Facebook
Traffic Website anda menjadi tinggi, mau?
SHORT TAIL KEYWORD Page 1 Google

9. Jangan Lupa Untuk sertakan internal link juga

Internal linking mempunyai peranan yang penting bukan cuma untuk visitor tapi juga search engine. Internal linking yang menjadi referensi bacaan akan memperkecil bounce rate atau nilai pental atau visitor meninggalkan web anda akan semakin kecil. Jika bounce rate kecil, artinya web anda dianggap berkualitas dan Google akan menampilkan SERP pada halaman 1 saja untuk content yang memiliki mutu yang tinggi. Contoh internal linking bisa anda lihat pada gambar berikut ini:

internal link pada artikel

10. Letakan Keyword Di dalam Permalink

Tip ke-10 berikutnya agar web anda mudah SERP di halaman 1 Search Engine adalah dengan memberikan permalink dengan keyword utama di dalam. Permalink ini akan memudahkan Google mengelompokan tulisan tulisan anda sehingga spider crawl akan semakin mudah untuk ditampilkan pada Google. Agar web anda ditampilkan pada Google sebaiknya perhatikan permalink yang mengandung keyword seperti contoh berikut:

Okeh sobat, saya rasa artikel ini sudah cukup memberikan arahan bagaimana cara Menulis Artikel SEO Friendly. Ke-10 point di atas dapat mudah sekali anda praktekkan baik sendiri maupun dengan team anda. Artikel bermanfaat lainnya akan saya terus posting secara berkala, simak terus artikel bermanfaat hanya di sini.

About ardaconian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *